Contoh Hidangan Pembuka, Menu Utama, dan Hidangan Penutup Beserta Resepnya

ARTI DARI APPETIZER, MAIN COURSE, DESSERT

“Hidangan pembuka ( Appetizer )”

Makanan pembuka (appetizer) adalah Makanan atau minuman yang merangsang selera (biasanya dilayani sebelum makan atau sebagai yang pertama saja).

Hidangan pembuka atau dalam bahasa inggris disebut appetizer dan dalam bahasa Perancis dikenal dengan istilah Hor’s D’oeuver. Appetizer atau hidangan pembuka di sajikan dengan porsi kecil/satu atau dua gigitan (bit size). Sebagai hidangan pembuka appetizer berfungsi merangsang nafsu makan dan disajikan sebagai hidangan pertama sebelum menikmati hidangan yang lainnya. Komposisinya sebanyak 50 – 75 gram

Appetizer,, Hidangan Pembuka Sebelum Main Course

Appetizer, dalam istilah bahasa Indonesia yaitu ‘hidangan pembuka’. Sedangkan istilah Perancis menyebutnya Hors d’oeuvre (starter). Appetizer merupakan hidangan pembuka sebelum hidangan utama (main course) yang disajikan dengan tujuan membangkitkan nafsu makan atau selera makan. Sumber lain memberikan pengertian sebagai berikut: Appetizer merupakan penghantar untuk menikmati hidangan utama, sebagai hidangan pembuka untuk menimbulkan selera makan karena itu porsinya kecil dengan rasa asam, asin atau pedas.
Appetizer hendaknya memiliki rasa yang enak (tastefull), ringan (ligth), menyegarkan (biasanya berasa agak asam untuk merangsang selera makan), berukuran kecil (biet size, finger food), dan disajikan dengan penampilan menarik. Appetizer dapat berupa hidangan panas (canape, fritters, soup) atau dingin (salad, Chilled Fruit Cocktail, Shrimp Cocktail), dan adakalanya berasa pedas.
Hidangan appetizer hendaknya disajikan dengan prima, meliputi rasa, aroma, penampilan, dan kesesuaian dengan alat saji agar dapat membangkitkan selera dan memberikan kesan bahwa hidangan yang akan disajikan setelahnya akan lebih enak lagi.
Macam appetizer berdasarkan harga bahan yang digunakan adalah:

  • Sur Asiette Complate, yaitu appetizer yang menggunakan kelebihan bahan atau bahan yang murah.
  • Hors D’ Oeuvre Royale, yaitu appetizer yang menggunakan bahan dengan harga mahal serta dalam penyajian tanpa saus.
  • Hors D’ Oeuvre Varies, yaitu appetizer yang menggunakan bahan paduan antara bahan dengan harga mahal dan murah.

Berdasarkan suhunya, appetizer digolongkan sebagai berikut:

  • Cold Appetizer (Hidangan Pembuka Dingin)

Makanan yang disajikan : aneka salad, shrim, coktail atau cold, canape (sandwich kecil yang disajikan dingin).

Contoh Masakan :

◦Bang-Bang Chicken

◦Nicoise (baca: Nisoa) Salad

◦Salad Ayam Saus Fresh Mayonnaise

  • Hot appetizer (hidangan pembuka panas)

Makanan yang disajikan  : aneka jenis soup, muffin, fritter.

Contoh masakan:

◦Hummus

◦Potato dan Porcini Soup.

◦Millefeule of Desire Potato with Mushroom Fricasse

◦Hare Pastilla, Baby Carrot confitt with Fig compote and Truffle esense

◦Ravioli stuffed with chicken and mushrooms flavored with sage and served on Beetroot butter sauce

Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa appetizer mempunyai ciri khas:

  • Mempunyai variasi yang banyak sekali. Salah satunya sup, dengan bahan rumput laut, tulang ikan hiu,jamur, sampai sea food.
  • Memiliki warna yang khas yaitu sedikit menyala contohnya kuning atau merah terang
  • Cita rasa yang ditampilkan unik,hangat,lembut,dan tetap menyegarkan
  • Aroma wangi menyeruak menusuk hidung
  • Dapat dihidangkan diawal
  • Disajikan dalam porsi kecil, oleh karena itu sering disebut  finger food.
  • Menggunakan bumbu yang khas yaitu bumbu-bumbu yang merangsang pengeluaran asam lambung sehingga menambah rasa lapar.

Makanan utama(main course)

Makanan utama(main course)adalah hidangan pokok, Main course adalah Hidangan pada waktu lunch atau dinner, ukuran porsinya lebih besar dari appetizer. Main course disebut juga main dish atau groce piece. Komposisi Makanan Utama (main course)

Komposisi hewani 175 – 225 gr, Sayuran 75 gr, dan garniture atau kentang 75 gr, saus 50-95 cc

Ginning Snapper with Sun Dried Tomatoes


Bahan: (Untuk 4 porsi)
– 4 porsi kakap tanpa tulang dengan kulit, bobot sekitar 1/3 pon masing-masing
– 60g mentega, potong dadu kecil dan didinginkan
– 1/3 cup Cinzano vermouth kering Ekstra
– 1/3 cangkir Gin
– 1 sdt garam laut
– 1/2 dari bawang merah kupas, iris tipis
– 1 big daun salam
– 1/2 sdt oregano
– Jus dari 1/2 lemon
– 4 tangkai thyme
– Tomat sun 4 kering, iris tipis

Campurkan semua bahan kecuali kakap dan mentega dalam mangkuk dan sisihkan pada suhu kamar selama satu jam. Setelah satu jam, tempatkan kakap pada, gerimis piring kedua sisi dengan minyak zaitun dan bumbui dengan garam dan merica.

Panaskan oven 375F. Panaskan panci tumis overproof cukup besar untuk menampung empat potong ikan di atas api sedang dengan satu sendok makan minyak dalam panci. Ketika panas (minyak baru mulai mengeluarkan whisps asap), tambahkan ikan ke sisi kulit pan bawah. Masak selama satu menit dan menempatkan panci ke dalam oven. Masak sampai ikan adalah sekitar 75% dilakukan.

Angkat panci panas dari oven dan tambahkan semangkuk bahan yang disisihkan sebelumnya. seharusnya uap dan mengurangi cairan secara dramatis meninggalkan cangkir hanya sekitar 1/4 dari cairan (jika perlu, masak di atas api tinggi untuk mengurangi dengan jumlah yang diperlukan).

Angkat panci dari api dan tambahkan mentega yang batu sedikit demi sedikit, gemetar panci terus menerus saat Anda menambahkannya. Terus perlahan-lahan tambahkan mentega selama 2 menit, gemetar untuk membuat saus, tebal buram. Sajikan ikan pada empat piring saji hangat dengan sayuran kukus dan / atau kentang rebus.

Hidangan penutup ( dessert )

Makanan penutup merupakan makanan yang disajikan pada akhir penyajian., yang merupakan bagian standar dari makanan Barat, merupakan perkembangan yang relatif baru. Sebelum kebangkitan orang kelas biasa pada abad 19 dan penggunaan mesin pada industri permen, permen lebih merupakan prioritas dari kaum aristrokat atau makanan musim liburan yang sangat jarang. Ketika gula menjadi lebih murah dan lebih dapat diperoleh, perkembangan dan popularitas dari hidangan penutup. Kata hidangan penutup sendiri merupakan pengalih bahasaan dari kata dessert di bahasa Inggris yang berasal dari bahasa Perancis Kuno desservir yang artinya “untuk membersihkan meja”. Kata dessert sering digunakan pada Inggris-Hiberno, American English, Canadian English, Australian English dan bahasa Perancis.

Hidangan penutup (dessert) adalah hidangan yang disajikan setelah hidangan utama (main course) sebagai hidangan penutup atau biasa disebut dengan istilah pencuci mulut. Dessert biasanya mempunyai rasa manis dan menyegarkan, terkadang ada yang berasa asin atau kombinasinya.

Fungsi dessert dalam giliran hidangan (courses) adalah sebagai hidangan yang menyegarkan setelah menyantap hidangan utama (main course) yang terkadang mempunyai aroma atau rasa yang amis serta menghilangkan rasa enak. Pada awalnya hidangan dessert yang disajikan berupa buah-buahan yang segar tanpa proses pengolahan. Seiring dengan perkembangan zaman, hidangan dessert mulai bervariasi dengan mengambil dasar (basic) dari beberapa hidangan seperti cake, pie, ice cream dan sebagainya yang dipadukan dengan sauce, buah, syrup, cream atau perpaduan antara bahan dasar, sehingga menciptakan hidangan dessert yang lezat dan menarik.

Jenis hidangan yang digunakan sebagai dessert dapat dihidangkan secara tersendiri diluar dari susunan menu. Seperti untuk hidangan teman minum teh, sebagai snack, petit four, hantaran, dan lain sebagainya. Komposisinya sebanyak 100 – 120 gram

Resep Dessert Salad Aneka Buah Saus Lemon

Cara Membuat Salad Aneka Buah Saus Lemon – untuk anda yang sedang berdiet sebaiknya tetap mengkonsumsi sayuran dan juga buah-buahan agar stamina anda tetap terjaga. buah-buahan sangat banyak mengandung vitamin jadi baik sekali untuk kesehatan tubuh, apalagi buah-buah yang segar. buah-buah yang segar ini bisa dijadikan salad buah yang segar,dipadukan dengan saus yang tidak mengandung lemak tinggi,seperti misalnya bisa diganti dengan saus yoghrut. penasaran bagaimana komposisinya,simak di bawah ini:

Salad Aneka Buah Saus Lemon
salad aneka buah saus lemon
resep dessert salad aneka buah saus lemon
Bahan :
– 1/2 kg melon, potong dadu
– 1/2 kg semangka, potong dadu
– 1/2 kg anggur, dihilangkan bijinya
– 1/2 kg nanas, potong dadu
– 350 gr pepaya, potong dadu
– 1/4 kg strawberry, dibelah dua
– 250 ml yogurt tawar
– 120 ml jus lemon segar
– 120 ml madu
– 2 sdt parutan kulit lemon
Cara Membuat :
1. Campurkan yogurt, jus lemon, madu dan parutan kulit lemon menjadi satu, kemudian kocok hingga rata dan halus. Dinginkan di refrigerator.

2. Gabungkan potongan buah-buahan, dinginkan di refrigerator selama beberapa saat. Beri saus di atas buah-buahan ketika akan disajikan, aduk rata dan biarkan 15 menit sebelum dihidangkan.

(Visited 346 times, 1 visits today)
October 23, 2016

Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *